19.4.11

Contax G Carl Zeiss Sonnar 90/2.8


Dulu saya sering sekali mendengar pujian-pujian akan hasil foto sistem kamera Contax G. Di tahun 80an sistem Contax G adalah satu-satunya rangefinder dengan kemampuan auto-fokus. Kebetulan ada yang menjual sistem ini lengkap dengan lensa-lensanya. Dan untuk memuaskan rasa penasaran, saya pun membeli 3 lensanya saja, yaitu Biogon 28/2.8, Planar 45/2 dan Sonnar 90/2.8 ini. Saya tidak membeli bodinya karena lensa-lensa ini akan saya gunakan ke bodi Sony NEX-5 dengan bantuan adapter Metabones.





Lensa Sonnar 90 saya ini dilengkapi dengan hood original Contax GG-3
sehingga aman untuk bermain melawan sinar matahari.


Performa lensa Sonnar 90/2.8 ini memang superb! Sharp, kontras tinggi, resolusi detilnya tinggi dan rendering bokehnya juga lumayan bagus. Hasil bagus sudah bisa dinikmati bahkan di bukaan terbesarnya (f/2.8). Dan saya menikmati sekali memainkan lensa-lensa Contax G ini di bukaan penuh atau 1 stop diatasnya. Saya tidak perlu untuk menutup diafragma lebih jauh dari f/4 untuk hasil optimal. Kesan 3D terlihat sekali pada hasil foto-fotonya.

Menurut saya, dengan harganya yang relatif murah dibanding lensa Zeiss terbaru ZM atau LEICA, lensa-lensa Contax G benar-benar memuaskan.






1 komentar:

Unknown mengatakan...

Om ... saya ada Biogon 28mm f2,8 ... tapi kok ga bisa dipakai di epl saya ya ... jadi kayak nyangkut gitu ... saya pake dengan menggunakan adapter shogun ...
mohon pencerahannya